Suasana peluncuran Smartfren (Foto: dok okezone)
Anda
masih ingat iklan di televisi dengan tokoh iklan di atas, "I HATE SLOW"
(bukan judul sebuah lagu). Iklan tersebut diusung oleh oleh SmartFren
sebagai provider yang mengklaim bisa menyediakan layanan koneksi
internet cepat hingga 17,7 Mbps. Seperti yang saya kutip dari okezone.
Saya
ambil contoh salah satu providernya dalam hal ini adalah SMartFren,
dimana juga operator provider lain juga mengklaim bisa menyediakan
internet yang sama cepatnya dengan beberapa paket yang tersedia, semakin
mahal semakin cepet koneksinya. Tapi yang saya kesalkan, team kreatif
design untuk iklan komersial seperti layanan internet para operator
provider hanya isapan jempol belaka, di lapangan koneksinya
ancur-ancuran. Keluhan pelanggan mungkin hanya ditanggapi oleh costumer
service yang hanya mengangguk-angguk (di galeri) dan kalau csnya di
telepon, ya coba dicoba lagi pak, internet dengan komputernya direstart
lagi, tapi hasilnya tetap sama.
Masih
banyak operator provider lain yang juga cuma iklan saja, fakta di
lapangan tidak semanis janjinya di iklan. Harusnya dengan banyaknya
animo dan kebutuhan internet masyarakat yang besar, sampai kewalahan
servernya, operator harus lebih meningkatkan layanannya, sambil
menginformasikan kepada pelanggan tentang peningkatan tersebut, jangan
iklannya dulu yang ditayangkan. Produknya masih dilaunching bulan depan.
Wkwkwkwk ..... seperti beli kucing dalam karung
Indonesia
sebagai negara yang besar dengan banyak penduduknya, pasti sangat besar
keuntungan yang dinikmati operator provider, dari 200 juta penduduk
mungkin tidak sampai 20% yang memakai jaringan koneksi internet pribadi.
Belum dari telpon, income pulsa sangatlah besar.
Pelayanan
pelanggan merupakan ujung tombak penyedia jasa layanan operator telepon
guna memberi informasi kepada pelanggan dan juga komplain. Lha wong
sudah bayar koq hasilnya ndak sesuai kriteria yang diharapkan, tidak
sesuai iklan yang digembar-gemborkan. CS hanya mengulang-ulang perkataan
sebelumnya, kami akan berusaha meningkatkan pelayanan, mohon maaf
kenyamanan anda terganggu. Tetapi solusi yang dilaksanakan belum
dijawab. Semua diserahkan pada konsumen untuk memilih "PAKET"nya.
Tapi
saya ancung jempol buat SmartFren yang sudah membuat layanan pelanggan
dengan metode baru secara real time melalui situsnya di www.ihateslow.com walaupun masih ada keluhan pelanggan yang saya tangkap saat saya singgah ke situsnya. Ini screenshootnya, dan itu fakta.
Sebagai
konsumen kita berhak mendapatkan informasi yang sebenar-benarnya
tentang produk yang kita beli atau kita pakai. Sesuai dengan UU No
8/1999 tentang Perlindungan Konsumen, pengusaha tidak boleh merugikan
konsumen sesuai dengan pasal 8 dan 9.
Dimana tugas costumer service sebagai ring pertama menjawab hal tersebut, ada beberapa metode yang dilakukan :- Layanan Pelanggan di Galeri / Kantor Operator Provider
- Layanan Pelanggan melalui Telepon (CSO)
- Layanan Pelanggan melalui Email
Mungkin
metode SmartFren, metode layanan pelanggan secara online, ini harus
dicontoh oleh provider lainnya sehingga, konsumen sebagai pasar dan
pengguna layanan bisa memilih dan menilai secara langsung.
Bisa ndak ya internet murah, cepat dan gampang aksesnya ?!
Kalau dirangking Indonesia itu masuk Top Ten Koneksi Internet Tercepat ke berapa ?
Iklan
operator provider yang kadangkala tidak sesuai dengan manfaat dan
kesesuaian produk yang diiklankan, termasuk iklan waktu kita telp ke
costumer service :) apakah juga termasuk pembohongan publik yang
merugikan konsumen, "seperti kata kata esia diganti 500rupiah kalau
sinyal putus (boro-boro ke galerinya aja jauh, naik angkot dah habis
ongkos dab). Dilihat dari Indonesia dengan jumlah konsumen internet dan
telepon dengan pemakaian pulsa yang lumayan besar, tidak bisa dianggap
enteng bila hal tersebut berlangsung terus-menerus ? Yang jelas tidak
ada bonus gratisan dan pulsa kembali sendiri kalau kita telepon !
*)
SmartFren hanyalah salah satu contoh provider yang diambil penulis,
selain itu masih banyak provider yang beriklan dengan tawaran koneksi
cepat dan harga murah. Operator provider XL, AXIS, 3, Indosat, Telkomsel, Telkom Indonesia, Smartfren, Bakrie Telecom, dan Ceria.
UU Perlindungan Konsumen bisa anda download disini Tapi
regulasi dari Pemerintah dan Penegak hukum di dunia maya Indonesia
masih lemah. Sulit dibuktikan dan dipidanakan, menunggu konsumen
melaporkan ke ranah hukum. Semoga para pembaca blog ini bisa ikut urun
rembug selain juga anda sebagai konsumen.
INFORMASI PENGAJUAN PINJAMAN LEASING BESS FINANCE.
BalasHapusJAMINAN BPKB MOBIL TANPA BI CHEKING
AREA JADETABEK
Persyaratan :
1. FC KTP Suami & Istri
2. FC Kartu Keluarga
3. FC NPWP
4. FC AJB/SHM/PBB/Rek Listrik
5. Rekening Tabungan 3bln terakhir
6. Slip Gaji (Karyawan) /SKU (Wiraswasta)
7.FOto copy stnk
8.Foto copy bpkb
9.Foto copy, faktur kendaraan.
Hub : heri
Telp : 0856-9406-5479
wa : 0896-0594-0459
Pin bb : 551C2CE0
Tlng bantuan dan informasinya jika berminat.