I. Arsitektur Komputer
Arsitektur Komputer mempelajari atribut ‑ atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
Arsitektur Komputer mempelajari atribut ‑ atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu
sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru
dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang
didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini,
implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan
terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara
pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.
Arsitektur Komputer :
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem computer.Biasanya mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan eksekusi logis sebuah program.
Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem computer.Biasanya mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan eksekusi logis sebuah program.
Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
· Set Instruksi (ISA)
·
Arsitektur mikro dari ISA, dan
·
Sistem desain dari
seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
Arsitektur komputer
merupakan suatu hal yang sangat penting karena dapat memberikan berbagai atribut
pada sistem komputer, hal ini tentunya sangat dibutuhkan bagi perancang atau user software sistem dalam mengembangkan
suatu program.
Klasifikasi Arsitektur Komputer:
1.
Arsitektur Von Neumann
Arsitektur von Neumann (atau Mesin
Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann
(1903-1957). Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua komputer saat ini.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit
Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil
(secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat,
“bus”.
2.
Arsitektur RISC
RICS singkatan dari Reduced
Instruction Set Computer. Merupakan bagian dari arsitektur mikroprosessor,
berbentuk kecil dan berfungsi untuk negeset istruksi dalam komunikasi diantara
arsitektur yang lainnya. Reduced Instruction Set Computing (RISC) atau
“Komputasi set instruksi yang disederhanakan” pertama kali digagas oleh John
Cocke, peneliti dari IBM di Yorktown, New York pada tahun 1974.
3.
Arsitektur CISC
Complex instruction-set computing
atau Complex Instruction-Set Computer (CISC) “Kumpulan instruksi komputasi
kompleks”) adalah sebuah arsitektur dari set instruksi dimana setiap instruksi
akan menjalankan beberapa operasi tingkat rendah, seperti pengambilan dari
memory, operasi aritmetika, dan penyimpanan ke dalam memory, semuanya sekaligus
hanya di dalam sebuah instruksi. Karakteristik CISC dapat dikatakan
bertolak-belakang dengan RISC.
4.
Arsitektur Harvard
Arsitektur Havard menggunakan memori
terpisah untuk program dan data dengan alamat dan bus data yang berdiri
sendiri.
5.
Arsitektur Blue Gene
Blue Gene adalah sebuah arsitektur
komputer yang dirancang untuk menciptakan beberapa superkomputer generasi
berikut, yang dirancang untuk mencapai kecepatan operasi petaflop (1 peta = 10
pangkat 15).
II. Analisa
II. Analisa
Disini saya ingin membuat suatu perumpamaan. Manusia memiliki otak untuk
mengingat segala kejadian atau peristiwa yang dialaminya setiap hari, sedangkan
komputer memiliki yang namanya hardisk untuk menyimpan informasi atau data yang
di input. Semakin besar kapasitas hardisk nya, semakin banyak atau besar pula
size data yang dapat disimpan oleh komputer tersebut. Sistem panyimpanan di
dalam komputer sangat teratur, kita sebagai user dapat mengelompokan data
berdasarkan jenisnya ke dalam file-file. Tentu saja file-file yang kita simpan
itu tidak akan terhapus walaupun ada data-data baru yang kita input, dengan
catatan tidak ada orang atau user yang men-delete file kita tadi. Komputer
memang hebat, suatu teknologi canggih. Nah coba sekarang kita bandingkan dengan
otak manusia, terkadang manusia cenderung melupakan informasi yang sudah lama
ketika ia memperoleh informasi yang baru (beda dengan komputer yang masih
menyimpan file lamanya walaupun ada file-file yang baru), ya itulah kelemahan
sistem “penyimpanan” pada manusia. Akan tetapi kita tidak dapat langsung
mengatakan bahwa komputer lebih canggih dari pada manusia. Bagaimanapun
komputer tetaplah ciptaan manusia, jadi manusia lah yang pantas dikatakan hebat
dan “canggih”. Komputer hanya sekedar alat untuk mempermudah pekerjaan manusia,
karena pada hakikatnya pekerjaan manusia bisa diselesaikan walaupun tanpa
komputer, tapi sebaliknya secanggih apapun komputer tidak akan dapat dipakai
dan berguna tanpa ada manusia yang mengoperasikannya.
sumber :
http://faizzahratnasari.blogspot.com/2013/10/arsitektur-komputer-dan-struktur.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar