Kamis, 30 Oktober 2014

Arsitek Komputer

I. Arsitektur Komputer

 Arsitektur Komputer mempelajari atribut ‑ atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll. Arsitektur Komputer :
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem computer.Biasanya mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan eksekusi logis sebuah program.
Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
      
   Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori: 
·  Set Instruksi (ISA) 
·  Arsitektur mikro dari ISA, dan 
·  Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.

Arsitektur komputer merupakan suatu hal yang sangat penting karena dapat memberikan berbagai atribut pada sistem komputer, hal ini tentunya sangat dibutuhkan bagi perancang  atau user software sistem dalam mengembangkan suatu program.
Klasifikasi Arsitektur Komputer:
1.      Arsitektur Von Neumann
Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann (1903-1957). Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua komputer saat ini. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.
2.      Arsitektur RISC
RICS singkatan dari Reduced Instruction Set Computer. Merupakan bagian dari arsitektur mikroprosessor, berbentuk kecil dan berfungsi untuk negeset istruksi dalam komunikasi diantara arsitektur yang lainnya. Reduced Instruction Set Computing (RISC) atau “Komputasi set instruksi yang disederhanakan” pertama kali digagas oleh John Cocke, peneliti dari IBM di Yorktown, New York pada tahun 1974.
3.        Arsitektur CISC
Complex instruction-set computing atau Complex Instruction-Set Computer (CISC) “Kumpulan instruksi komputasi kompleks”) adalah sebuah arsitektur dari set instruksi dimana setiap instruksi akan menjalankan beberapa operasi tingkat rendah, seperti pengambilan dari memory, operasi aritmetika, dan penyimpanan ke dalam memory, semuanya sekaligus hanya di dalam sebuah instruksi. Karakteristik CISC dapat dikatakan bertolak-belakang dengan RISC.
4.      Arsitektur Harvard
Arsitektur Havard menggunakan memori terpisah untuk program dan data dengan alamat dan bus data yang berdiri sendiri.
5.      Arsitektur Blue Gene
Blue Gene adalah sebuah arsitektur komputer yang dirancang untuk menciptakan beberapa superkomputer generasi berikut, yang dirancang untuk mencapai kecepatan operasi petaflop (1 peta = 10 pangkat 15).

II. Analisa



Disini saya ingin membuat suatu perumpamaan. Manusia memiliki otak untuk mengingat segala kejadian atau peristiwa yang dialaminya setiap hari, sedangkan komputer memiliki yang namanya hardisk untuk menyimpan informasi atau data yang di input. Semakin besar kapasitas hardisk nya, semakin banyak atau besar pula size data yang dapat disimpan oleh komputer tersebut. Sistem panyimpanan di dalam komputer sangat teratur, kita sebagai user dapat mengelompokan data berdasarkan jenisnya ke dalam file-file. Tentu saja file-file yang kita simpan itu tidak akan terhapus walaupun ada data-data baru yang kita input, dengan catatan tidak ada orang atau user yang men-delete file kita tadi. Komputer memang hebat, suatu teknologi canggih. Nah coba sekarang kita bandingkan dengan otak manusia, terkadang manusia cenderung melupakan informasi yang sudah lama ketika ia memperoleh informasi yang baru (beda dengan komputer yang masih menyimpan file lamanya walaupun ada file-file yang baru), ya itulah kelemahan sistem “penyimpanan” pada manusia. Akan tetapi kita tidak dapat langsung mengatakan bahwa komputer lebih canggih dari pada manusia. Bagaimanapun komputer tetaplah ciptaan manusia, jadi manusia lah yang pantas dikatakan hebat dan “canggih”. Komputer hanya sekedar alat untuk mempermudah pekerjaan manusia, karena pada hakikatnya pekerjaan manusia bisa diselesaikan walaupun tanpa komputer, tapi sebaliknya secanggih apapun komputer tidak akan dapat dipakai dan berguna tanpa ada manusia yang mengoperasikannya.
 

sumber :
http://faizzahratnasari.blogspot.com/2013/10/arsitektur-komputer-dan-struktur.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar